Sekarang ini dunia bisnis sangat berkembang pesat. Tidak hanya untuk kalangan menengah keatas, tetapi juga telah merambah ke kalangan menengah ke bawah. Ada banyak sekali macam bisnis yang ada di masyarakat, mulai dari bisnis dengan produk makanan, minuman, fashion, jasa, dan lain-lain. Dalam menjalankan bisnis, tentu ada banyak sekali bisnis milik orang lain dengan tema yang sama dengan bisnis kita. Dan terjadilah sebuah persaingan bisnis.

Dalam persaingan bisnis, pasti ada pihak yang unggul dan ada yang tertinggal. Kita bisa menjadikan persaingan menjadi sebuah booster bagi bisnis kita untuk maju karena dengan adanya persaingan, maka akan membuat kita semakin tertantang untuk membuktikan bahwa bisnis kitalah yang terbaik. Berikut tips cara meningkatkan bisnis kita yang terjadi karena adanya persaingan.

1. Membangun Kekuatan Merek (Brand)

Merek merupakan hal utama bagi sebuah produk. Dengan adanya merek maka produk kita akan dikenal masyarakat dan yang membedakan produk kita yang sama temanya dengan produk milik vendor lain. Tunjukan kepada semua orang bahwa merek kita adalah yang terbaik untuk kategori produk yang sama di luar sana. Ketika merek kita sudah terkenal, masyarakat sudah terbayang tentang produk kita.

2. Memberikan Sesuatu Yang Berbeda

Setelah memiliki merek, maka kita membutuhkan sebuah faktor pembeda dengan bisnis lain. Perbedaan antara produk kita dengan produk orang lain. Apa yang bisa kita unggulkan dari produk kita, entah harganya yang lebih murah, kualitas yang terjamin, layanan tambahan, dan lain-lain. Karena bagi masyarakat, mereka akan memilih produk yang memiliki kualitas yang terbaik dengan harga yang bisa mereka jangkau. Kita harus memilikinya dalam produk atau jasa kita. Pelayanan apa yang bisa kita berikan kepada masyarakat yang bisnis lainnya tidak bisa berikan.

3. Menjaga Kepuasan Pelanggan

Tanpa pelanggan, bisnis Anda akan mati. Pelanggan adalah raja yang membutuhkan pelayanan yang baik. Anda harus memperlakukan mereka dengan baik dan memuaskan kebutuhan mereka.Jangan sampai Anda mengecewakan konsumen tanpa memberikan solusi. Jika terjadi masalah, segera atasi keluhannya. Sehingga pelanggan tetap loyal dan citra bisnis Anda tetap terjaga dengan baik di tengah masyarakat.

4. Membuat Program Promosi

Jika Anda menginginkan pelanggan Anda terus membeli secara rutin, Anda dapat mencoba untuk memberikan mereka insentif pembelian, peningkatan layanan, atau bahkan diskon. Sebagai contoh adalah pemberian kopi gratis untuk pembelian ke-10 di kedai kopi atau pelayanan gratis tukang cukur setelah menggunakan jasa mereka beberapa kali.

5. Meninjau kembali harga produk atau jasa

Untuk kestabilan bisnis Anda ke depannya, penting bagi Anda untuk meninjau kembali harga produk atau jasa yang Anda jual. Usahakan Anda terus melakukan riset atau surveypenjualan, misalnya bagaimana tanggapan masyarakat tentang produk Anda, apakah harga yang Anda tawarkan terlalu mahal atau murah, dan bagaimana harga produk di pasaran. Jika harga produk Anda terasa terlalu murah, Anda dapat menaikkan harga serta melakukan edukasi mengenai manfaat yang akan didapatkan, seperti peningkatan layanan pelanggan, jaminan yang lebih baik, peningkatan kualitas bahan yang digunakan, serta regulasi yang lebih adil.

6. Memperlebar Target Bisnis

Hal paling mudah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan dan mendapat keuntungan yang signifikan dari bisnis Anda adalah dengan memperlebar target bisnis. Jangan takut dengan penambahan biaya ketika akan memperlebar bisnis di area baru. Oleh karena itu, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu, mulai dari target pasar, harga sampai bagaimana persaingan di daerah tersebut. Jika Anda melakukan riset dengan tepat, kemungkinan Anda mendapatkan peningkatan keuntungan akan semakin tinggi.

7. Mengikuti Tren Yang Ada

Tren memang seperti sebuah musim, silih berganti dan terkadang kembali lagi. Tetapi ada baiknya kita juga ikut masuk dalam arus tren yang sedang heboh saat itu. Masyarakat akan selalu mengikuti tren yang sedang meriah saat itu, dan itu merupakan ladang penghasilan bagi kita para pebisnis jika kita bisa menarik mereka untuk menggunakan produk atau jasa kita yang menyesuaikan tren yang ada.

Sumber :maxmanroe.com

 

 

HELPDESK