Jakarta – Elon Musk punya gagasan bahwa manusia harus terhubung dengan komputer, dalam rangka melawan perkembangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Teknologinya dikembangkan oleh salah satu perusahaan Elon yang dinamainya Neuralink.

Bahkan dalam tweet terbaru, CEO Tesla dan SpaceX tersebut menyatakan inovasi Neuralink ini sudah berstatus ‘coming soon‘ alias segera tiba. Sayangnya, ia tidak menjelaskan detailnya lebih lanjut.

Sebelumnya, Neuralink sudah memberi teaser tentang sebuah produk yang secara efektif akan menghubungkan otak manusia dengan komputer. Caranya adalah dengan memakai chip yang diimplan. 

November tahun 2018, Elon menjelaskan teknologinya akan melibatkan ‘elektroda ke interface neutron dalam level mikro’. Bentuknya semacam chip serta kabel-kabel kecil yang diimplan di tengkorak manusia melalui operasi

“Aspirasi jangka panjang dengan Neuralink adalah untuk mencapai simbiosis dengan AI dan mencapai semacam demokratisasi intelijensi, sehingga tidak dimonopoli oleh pemerintah dan korporasi besar,” tutur Elon.

“Aku yakin hal ini bisa dilakukan, mungkin dalam satu dekade,” kata dia seperti dikutip detikINET dari Daily Mail.

Pria yang ingin meninggal di planet Mars ini meyakini manusia harus mengekplorasi teknologi sejenis cyborg seiring perkembangan pesat AI. “Jika kita punya jutaan orang dengan link bandwidth tinggi ke ekstensi AI diri mereka sendiri, itu akan membuat mereka super pintar,” papar Elon.

 

Sumber: detik.com

WhatsApp Ambil Promo Sekarang !